HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAN AKUNTANSI SUKSES GELAR ECOFEST 3.0 : KOMPETISI FUTSAL DAN E-SPORT MOBILE LEGENDS

Dalam rangka menggali potensi dan mengasah keterampilan para pelajar sekaligus Mahasiswa Unsurya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi (HMJMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) telah sukses melaksanakan salah satu program kerja yaitu Economic Festival 3.0 atau biasa disebut ECOFEST 3.0, di mana program ini memiliki dua sub kegiatan yaitu Economy Futsal Competition (Ecofutcom) dan E-Sport  Economy Competition (Esencom).

Ecofutcom merupakan turnamen futsal antar SMK/SMA se-Jabodetabek sekaligus tingkat fakultas mahasiswa unsurya yang sukses digelar pada tanggal 9, 10, 11, dan 17 September 2024 di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur. Acara ini diikuti oleh 29 tim dari berbagai SMA/K se-Jabodetabek sekaligus 8 tim dari tingkat mahasiswa UNSURYA, yang masing-masing membawa semangat untuk menjadi yang terbaik pada kompetisi ini.

Turnamen ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar pelajar dan mahasiswa UNSURYA sekaligus membangun sikap sportivitas. Melalui kegiatan ini, para peserta diajak untuk berkompetisi secara sehat, sekaligus mengembangkan kerja sama tim yang baik, serta mental juara yang kuat. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dalam turnamen ini adalah kemampuan teknis dan strategi permainan yang ditunjukkan oleh para pemain muda. Dengan semangat yang membara dan dukungan penuh dari para pendukung di tribun, pertandingan berlangsung dengan sengit namun tetap dalam suasana yang kondusif dan penuh sportivitas.

Pemberian hadiah kepada para pemenang berupa piala, sertifikat dan uang tunai. Perolehan hadiah diberikan kepada tim internal Unsurya untuk juara 1 Fakultas Ilmu Kesehatan, juara 2  HMTI (Prodi Teknik Industri) dan juara 3 Blacklist Law (Prodi Hukum Reguler Sore). Sedangkan, tim eksternal diperoleh Juara 1, SMK Citra Negara Depok, Juara 2, SMK Malahayati, dan Juara 3, MAN 6 Cibubur. Keseluruhan pertandingan dapat berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan evaluasi panitia agar lebih baik pada kegiatan di tahun berikutnya.

Esencom merupakan turnamen olahraga E-Sport melalui permainan Mobile Legends (ML). E-Sport marak diperlombakan dalam kompetisi nasional dan internasioal untuk individual ataupun tim. Esencom telah dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 September 2024 melalui lomba Mobile Legends: Bang Bang yang dilaksanakan secara hybrid. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan pelajar yang bertujuan untuk memfasilitasi para penggemar game mobile legends dalam berkompetisi serta mempererat hubungan antar pemain.

Dengan meningkatnya popularitas Mobile Legends, acara ini diharapkan dapat menampung semangat kompetisi dan sportivitas di kalangan komunitas gamer. Kegiatan Lomba Mobile Legends tingkat umum ini tidak hanya berhasil menghadirkan kompetisi yang seru, tetapi juga menciptakan atmosfer yang penuh persahabatan di antara para pemain. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Lembaga Unsurya, sponsor, seluruh peserta dan panitia yang telah berkontribusi dalam kelancaran acara ini. Kami berharap acara ini dapat menjadi agenda tahunan dan semakin meriah di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.