IMPLEMENTASI KERJASAMA PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN BERSAMA SMK PGRI 1 JAKARTA PADA BIDANG PENGABDIAN PADA MASYARAKAT TAHUN 2023

Pada hari Kamis, 30 Nopember 2023 Program Studi S1 Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) sukses melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bersama SMK PGRI 1 Jakarta.  Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertemakan Edupreneur : “Berani Jadi Enterpreneur Muda” yang dilaksanakan di Aula Antonov, Kampus B Unsurya Halim Perdanakusuma Jakarta. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Prodi sekaligus implementasi Kerjasama dengan SMK PGRI 1 Jakarta.

Kegiatan PKM ini bertujuan memberikan edukasi dalam membangun motivasi dan semangat berwirausaha bagi siswa dan siswi kelas XII SMK PGRI 1 Jakarta. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unsurya Ibu Dr. Juhaeti, SE, MM mengutarakan bahwa siswa tidak hanya cerdas di teori saja tetapi juga cerdas membuka potensi yang ada dalam dirinya untuk menciptakan kreasi produk atau jasa sehingga bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Tentunya siap bersaing dengan dunia kerja dengan menjadi entrepreneur muda selepas tamat sekolah nanti.

Kegiatan PKM ini  dihadiri sebanyak 185 orang siswa dan siswi SMK PGRI 1 Jakarta dan didampingi langsung oleh Kepala SMK PGRI 1 Jakarta, Bapak Nurfajri, S.Pd, Humas PGRI 1 Jakarta Ibu Sri Larasari, S.Pd dan beberapa guru yang turut hadir.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan PKM Prodi S1 Manajemen mengundang Bapak Drs. Puwanto Edi, MM sebagai praktisi kewirausahaan dan motivator serta Ibu Widya Arti Anggraini, SE, MM sebagai alumni Prodi S1 Manajemen yang telah sukses memiliki usaha crafting dan fahion untuk memberikan insight kewirausahaan dan berbagi pengalaman untuk memotivasi para siswa-siswi SMK PGRI 1 Jakarta.

Pemaparan materi para narasumber dipandu oleh moderator Bapak Saur C. Simamora, SP, MM. Para siswa-siswi dengan antusias menyimak materi serta merespon dengan baik dengan bertanya secara interaktif. Diselingi dengan QUIZIZZ yakni web tool dalam bentuk permainan kuis interktif bagi siswa peserta PKM berisi pertanyaan sekitar kewirusahaan menambah keseruan siswa mengikuti kegiatan ini dan tentunya pemberian doorprize menambah semangat juag bagi para siswa peserta PKM.

Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat Prodi S1 Manajemen Unsurya dan SMK PGRI 1 Jakarta merupakan sebuah inisiatif yang sangat baik dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Keterlibatan alumni SMK PGRI 1 Jakarta yang melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi Unsurya dengan memilih jurusan  Manajemen dan Akuntansi turut berpartisipasi pada kegiatan ini memberikan semangat dan motivasi kepada adik-adik kelasnya bahwasannya berwirausaha juga bisa dilakukan sambil kuliah atau kuliah sambil berwirausaha. Akan banyak kesempatan untuk menggali potensi berwirausaha saat menenpuh kuliah di Fakultas Ekonomi Unsurya melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.