IMPLEMENTASI KERJASAMA PRODI S1 MANAJEMEN : Kolaborasi Pertukaran Dosen dan Kuliah Dosen Tamu

Kerjasama antar perguruan tinggi menjadi salah satu unsur penting dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dari kerjasama ini berbagai kegiatan MBKM dapat dilakukan mulai dari pertukaran pelajar, pertukaran dosen sehingga dosen dapat berkiprah di luar kampus utamanya, kolaborasi penelitian dan pengabdian.

Pada Bulan Desember 2023 telah terlaksana 2 (dua) kegiatan pertukaran dosen dan kuliah dosen tamu pada Program Studi S1 Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) Jakarta. Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama antara Unsurya dengan Universitas Pamulang dan PT. Artificial Intelligence Center Indonesia (PT. AICI) berupa pemberian perkuliahan secara daring dan luring kepada mahasiswa Program Studi Manajemen semester 3 dan semester 5.

Kegiatan pertukaran dosen dan kuliah dosen tamu dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Desember 2023 di pertemuan ke-12 untuk mata kuliah Kewirausahaan secara luring di Aula Hercules Kampus A Unsurya dan pada hari Sabtu, 9 Desember 2023 di pertemuan ke-12 secara daring untuk matakuliah Sistem Informasi Manajemen.

Integrasi antara kewirausahaan dan sistem informasi manajemen di era digital memegang peranan sangat penting. Bisnis yang sukses perlu menerapkan teknologi informasi untuk meningkatkan operasi mereka, mengoptimalkan pengambilan keputusan, dan berinovasi. Kombinasi antara pemahaman kewirausahaan untuk menciptakan peluang dan sistem informasi manajemen untuk mengelola dan memanfaatkan data dapat memberikan keunggulan kompetitif yang besar bagi organisasi. Pemahaman ini menjadi penting untuk diberikan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dari para dosen tamu yang kompeten untuk berbagi informasi dan pengalamannya.

Pertukaran dosen dan kuliah dosen tamu Prodi S1 Manajemen mendatangkan dosen tamu  yaitu Ibu Jeni Andriani, SS, SE, MM (dosen kewirausahaan Universitas Pamulang sekaligus pelaku usaha dan pendamping UMKM) dan Ibu Dr. Baiq Hana Susanti, MSc (Co-Founder dan Direktur PT. AICI). Jumlah peserta mahasiswa yang telah hadir di kuliah dosen tamu matakuliah Kewirausahaan secara luring sebanyak 64 orang yang terdiri dari mahasiswa Prodi Manajemen, Akuntansi dan Teknik Penerbangan dan kuliah dosen tamu di matakuliah Sistem Informasi Manajemen secara daring sebanyak 40 orang mahasiswa. Turut hadir pula dosen Unsurya pengampu masing-masing matakuliah tersebut untuk mendampingi mahasiswa selama kegiatan berlangsung yaitu Ibu Sari Nalurita, SP, MSi, Ibu Atik Budi Paryanti, S.Pd, MM dan Bapak Dedi Wibowo, SE, MM.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.