EDUKASI KARGO DAN POS UDARA : PENGABDIAN PADA MASYARAKAT PRODI S1 MANAJEMEN DI SMA NEGERI 67 JAKARTA

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma mengadakan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan tema :  “Edukasi Prosedur Pengiriman dan Pemeriksaan terhadap Keamanan Kargo dan Pos Udara bagi Siswa-Siswi di SMAN 67 Halim Perdanakusuma Jakarta Timur”  bertempat di Aula Audio Visual SMA Negeri 67 Jakarta.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada Selasa, 23 April 2024 yang turut serta dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 67 Jakarta Ibu Isoh Sukaesah, M.Pd, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsurya Ibu Dr. Juhaeti, SE, MM dan Kaprodi S1 Manajemen Ibu Rita Intan Permatasari, S.TP, MM beserta tim dosen Manajemen yaitu Bapak I Gusti Ngurah Willy H., ST, MM (narasumber), Ibu Dra. Dewi Dyah Widyastuti, MM (moderator)  serta  siswa-siswi perwakilan kelas X dan kelas XI SMAN 67 Jakarta  sebanyak 60 orang yang didampingi oleh beberapa bapak / ibu guru.

Menurut Ibu Isoh Sukaesah, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan PKM ini tentunya membawa suasana baru pembelajaran bagi siswa-siswi SMA Negeri 67 Jakarta, dimana UNSURYA juga masih bagian dari keluarga besar karena keberadaannya dekat dan sama-sama berada di lingkungan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta. Haparan beliau dengan kegiatan PKM ini siswa dan siswi hebat SMA Negeri 67 Jakarta bisa belajar dan gali hal-hal baru selama mengikuti pembelajaran disini. Hal yang sama disampaikan juga oleh Ibu Dr. Juhaeti, SE, MM bahwa akan banyak informasi dan edukasi disampaikan narasumber yang kompeten sesuai bidang kebandarudaraannya tentang bagaimana prosedur pengiriman barang melalui kargo dan pos udara yang aman harus diketahui dari berbagai pihak termasuk para pelajar sebagai pengguna platform e-commerce dimana e-commerce menggeliat sejak pandemi covid-19 maka aktivitas kargo dan pos udara meningkat signifikan sehingga muncul beberapa permasalahan. Pentingnya pengetahuan prosedur pengiriman dan pemeriksaan kargo dan pos udara yang tepat akan menghindari resiko-resiko yang dapat mengancam keamanan dan keselamatan selama kegiatan pengiriman melalui pesawat udara.

Kegiatan PKM dengan materi Kargo dan Pos Udara yang disampaikan oleh narasumber dirasa waktunya kurang cukup karena antusiasme peserta di sesi tanya jawab dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para siswa dan siswi peserta kepada narasumber PKM. Pemberian doorprize bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik menambah keseruan kegiatan PKM ini.

Selanjutnya, kegiatan PKM ini diakhiri acara sharing alumni SMA Negeri 67 Jakarta sebagai mahasiswa Prodi S1 Manajemen Unsurya dengan sejumlah prestasi yang pernah diraihnya untuk memberikan motivasi bagi adik kelas untuk melanjutkan studinya selepas sekolah nanti di perguruan tinggi-perguruan tinggi terbaik salah satunya Unsurya. (rita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.