ABDIMAS PRODI S1 MANAJEMEN “DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM”

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN :

“ Edukasi Dan Pelatihan Digital Marketing Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Wilayah Jakarta Timur ”

Dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi khususnya pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) turut serta menciptakan kemajuan dan kemandirian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui kegiatan workshop dengan tema :  Edukasi Dan Pelatihan Digital Marketing Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Jakarta Timur pada hari Sabtu, 24 Juni 2023 bertempat di Aula Super Puma, Kampus C Unsurya, Jakarta.

Acara diawali dengan pemberian sambutan oleh Kepala Program Studi S1 Manajemen, Ibu Rita Intan Permatasari, S.TP, MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa era transformasi digital saat ini hampir menguasai semua kegiatan bisnis sehingga mau tidak mau akan mengubah strategi pemasaran ke arah yang lebih modern, yaitu penggunaan teknologi internet. Para pelaku UMKM harus mau tidak mau, suka tidak suka beradaptasi dengan kemajuan teknologi internet yang ada melalui digital marketing. Digital marketing dapat memperluas pasar dan meningkatkan kualitas layanan atau kepuasan pelanggan tanpa dibatasi ruang dan waktu. “ Harapannya melalui edukasi dan pelatihan digital maketing ini bisa memberikan pencerahan dan menjawab kebutuhan atau strategi apa yang bisa dilakukan agar usaha bisnis yang akan dimulai, atau baru berjalan atau sudah maju berkembang bisa terus dikembangkan pemasarannya dengan memanfaatkan teknologi digital atau digital marketing”, ujar mengakhiri dalam sambutannya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat pada kesempatan kali ini adalah kerja sama antara tim dosen Prodi S1 Manajemen, Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Akuntansi (HMJMA) Fakultas Ekonomi Unsurya. Turut hadir pula Sekprodi Manajemen Ibu Atik Budi Paryanti, S.Pd, MM, para dosen dan mahasiswa serta para pelaku UMKM di wilayah Jakarta Timur.

Ada 3 (tiga) narasumber hebat mengisi materi sesuai kepakarannya masing-masing diantaranya Pemateri 1 Bapak Drs. Purwanto Edi, MM (Co-Founder dan Secretary General Service Quality Indonesia), Pemateri 2  Ibu Indriana, SE, MM (Business Incubator Coach, Binus University), dan Pemateri 3 Bapak Dedi Wibowo, SE, MM (Deputy Director for Digital Business and Data Center at Shariah Economic, KNEKS dan dosen manajemen Unsurya). Acara inti dipandu oleh moderator acara yakni Ibu Sari Nalurita, SP, MSi (dosen manajemen Unsurya).

Kegiatan berlangsung dengan lancar, sangat interaktif dan kondusif antara peserta dan ketiga narasumber. Acara dimulai sejak pukul 09.00 sampai dengan jam 13.00 WIB. Pemberian door prize menambah antusias peserta dan diakhiri dengan pemberian simbolis sertifikat peserta pelatihan kepada ketiga peserta dari pelaku UMKM. Para peserta pelaku UMKM sebagian besar pengusaha makanan atau kuliner menyambut baik dan berharap kegiatan serupa berlanjut dengan tema yang berbeda sebagai pendampingan bagi para pelaku UMKM.

Sudah semestinya program pengabdian pada masyarakat di kampus bisa memberikan manfaat besar sebagai bentuk kontribusi dan komitmen kampus melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.